Artikel

Panduan Awal Belajar Pemrograman Web

    Dibaca 43 kali Pemrograman Web

Sebelum ke pengertian pemrograman web mari kita pahami dulu :

  • Apa itu Pemrograman ?
  • dan Apa itu Web ?

Pada artikel panduan awal pemrograman dasar yang sudah di terbitkan oleh badoy studio, Pemrograman adalah proses yang mencakup menulis, menguji, memperbaiki, dan memelihara instruksi-instruksi (kode-kode) sebuah program komputer. Contoh program komputer : Microsoft Office Word dan Excel.

Lalu apa itu web ? Web istilah lainnya adalah website, situs, atau www (world wide web).

Menurut Niagahoster website merupakan halaman-halaman  yang dibuat dengan maksud tertentu yang bisa diakses di internet menggunakan sebuah browser.

Halaman-halaman yang ditampilkan pada website biasanya adalah : teks, video, audio, grafik, gambar, dan animasi. Sebuah website berjalan dengan protocol Hypertext Transfer Protokol (HTTP).  Contoh Website : http://sarana-data.com, Facebook.com, youtube.com.

Jadi  pemrograman web adalah proses pembuatan program komputer yang bisa diakses menggunakan browser (aplikasi berbasis web).

Karena kita sedang mempelajari pemrograman web, maka harus tahu apa saja jenis-jenis website.

Ada tiga jenis website yang sering kita akses setiap harinya, yaitu : Website Statis, Dinamis, dan Interaktif. Mari kita bahas ketiga jenis website tersebut.

– Webiste Statis

Website Statis adalah website yang kontennya (isi web) tidak diperbaharui dalam kurun waktu tertentu, sehingga isinya dari waktu ke waktu akan selalu tetap sama seperti pada saat awal dibuat.

Contoh dari Website Statis adalah company profile (profil perusahaan) atau organisasi.

– Webiste Dinamis

Website ini merupakan website yang selalu diperbaharui kontennya oleh pemilik atau pengelola website. Contoh dari website ini adalah Blog dan website berita online. http://blog.sarana-data.com ataupun detik.com termasuk ke dalam kategori website dinamis.

– Website Interaktif

Website ini sebetulnya hampir mirip dengan website dinamis. Namun yang jadi pembeda utamanya adalah konten webnya tidak hanya di perbaharui oleh pengelola website tetapi lebih banyak dilakukan oleh pengguna / user website tersebut.

Contoh dari website Interaktif yaitu Facebook.com, Youtube.com, Bukalapak.com, dan lain sebagainya.

Kita bisa simpulkan perbedaan dari ketiga website diatas pada tabel dibawah ini.

 Tidak semua bahasa pemrograman bisa dibuat untuk mengembangkan sebuah web. Dan inilah beberapa bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk membuat website, antara lain :

 

Tentu saja untuk membuat program aplikasi berbasis web kita membutuhkan tools. Apa saja tools tersebut ? yuk kita bahas :

  • Text Editor : Text Editor adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengetikan kode-kode bahasa pemrograman. Text Editor yang cukup banyak digunakan saat ini yaitu : Notepad, Sublime Text, dan VS Code.
  • Web Browser : Untuk menguji kode-kode program yang sudah kita ketikan di Text Editor maka kita membutuhkan Web Browser. Contoh dari Web Browser yaitu : Google Chrome, Mozilla Firefox, dan lainnya.
  • Web Server : Web Server merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk menerima permintaan dari protocol HTTP atau HTTPS kemudian mengirimkannya kembali ke pengguna web dalam bentuk halaman web. Apache adalah contoh dari Web Server.

Istilah-istilah yang sering ditemui dalam pemrograman web diantaranya :

  • HTTP ( Hypertext Transfer Protocol) : digunakan untuk mengatur komunikasi antara server dan client.
  • Server : merupakan komputer yang menyediakan layanan-layanan yang nantinya digunakan oleh client.
  • Client : merupakan computer yang bisa menggunakan segala resource (sumber daya) yang tersedia dalam jaringan. Dalam hal ini client yaitu web browser
  • Hosting : merupakan tempat untuk menyimpan data-data pada sebuah website. Data tersebut berupa gambar, teks, video, dan lainnya.
  • Domain : alamat sebuah website disebut dengan domain. Contoh dari domain yaitu .com, .org, dan .net.
  • URL (Uniform Resource Locator) : yaitu susunan karakter ( angka, huruf, dan symbol) yang digunakan untuk menujukan suatu alamat di internet.

 

Setelah kamu memahami dasar-dasar pemrograman web diatas. langkah selanjutnya adalah menginstal web server yang disajikan pada blog http://blog.sarana-data.com