Artikel

Pengantar Aplikasi Perkantoran (Office) - Kelas X - Mapel Informatika

    Dibaca 3007 kali INFORMATIKA

Mata Pelajaran Informatika Kelas X MIPA 1,2,3 dan 4

Pertemuan ke - 1 - REVIEW APIKASI PERKANTORAN

 

Aplikasi perkantoran (Inggris:office suite) adalah sebuah perangkat lunak yang diperuntukkan khusus untuk pekerjaan di kantor. Komponen-komponennya umumnya didistribusikan bersamaan,memiliki antar muka pengguna yang konsisten dan dapat berinteraksi satu sama lain. Kebanyakan aplikasi perkantoran terdiri dari sedikitnya sebuah pengolah kata dan sebuah lembar kerja. Sebagai tambahan, aplikasi dapat terdiri dari sebuah program presentasi, peralatan basis data, aplikasi grafis dan peralatan komunikasi. Sebuah perkantoran juga dapat memiliki sebuah klien surat elektronik dan manejer informasi pribadi atau paket groupware

 

Software yang termasuk kategori aplikasi perkantoran adalah:

1 .Microsoft Office

Sesuai namanya, Microsoft Office dikeluarkan oleh Microsoft dan dipakai untuk segala sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan kantor (office work). Software yang satu ini masih terus disempurnakan dan fasilitasnya juga masih terus ditambah. Microsoft Office sendiri terdiri dari beberapa software, yaitu Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Powerpoint, Microsoft Access, dan yang paling baru namanya Microsoft Publisher. Tiap software mempunyai fungsi dan keistimewaan masing-masing.

Microsoft Word biasanya dipakai untuk mengetik, membuat surat, membuat laporan, dan sebagainya; pokoknya yang berhubungan dengan mengolah kata. Kalau untuk melakukan pekerjaan menghitung, membuat grafik, dan fungsi-fungsi lainnya yang berhubungan dengan angka, biasanya kita menggunakan Microsoft Excel. Selain itu, ada Microsoft Access yang digunakan untuk aplikasi database, dan Microsoft Powerpoint yang digunakan untuk membuat naskah presentasi.

2. Open Office dan LibreOffice.

Open Office adalah software aplikasi perkantoran yang biasa dipakai dalam sistem operasi Linux. Tapi sebenarnya, Open Office bisa juga kita pakai pada sistem operasi Windows. Open Office dilengkapi fitur yang hampir sama dengan Microsoft Office, yaitu pengolah kata, spread sheet, penyaji presentasi, dan fitur lainnya.

3. StarOffice

Star Office memiliki fungsi yang hampir sama dengan Microsoft Office, tetapi dikeluarkan oleh Sun Microsystem.

 

Materi Pokok : Integrasi Antar Aplikasi dan Fitur Lanjut Aplikasi Office

 

A. Kompetensi Inti (KI)

 

B. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

    3.1 Mengenal lebih dalam integrasi antar aplikasi office (pengolah kata, angka, presentasi).

            - Menjelaskan cara melakukan object linking and embeding

            - menyusun daftar isi menggunakan table of content

            - menyusun daftar referensi menggunakan table of reference

     4.1.1. Membuat laporan yang membutuhkan integrasi objek berupa teks, data dalam bentuk angka

            maupun visualisasi chart/grafik, gambar/foto.

            - menyusun laporan / proposal dengan integrasi berbagai objek didalamnya

            - membuat undangan menggunakan mailmerge

            - mempraktikkan icon dan menu object linking dan embeding serta track changes

      4.1.2. Memakai fitur lanjut aplikasi office

            - mempraktikkan Filter dan Data Validation

            - mempraktikkan macro dan script untuk tugas yang berulang

 

C. Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatan Computational Thinking dan STEMA Informatika serta menggunakan model Fliped Classroom, Blended Learning dan Project Based Learning (PjBL) peserta didik dapat:

Menjelaskan cara melakukan object linking and embeding, menyusun daftar isi menggunakan table of content dan menyusun daftar referensi menggunakan table of reference, serta membuat laporan karya tulis ilmiah dengan integrasi berbagai objek didalamnya, membuat undangan menggunakan mailmerge dan mempraktikkan Filter dan Data Validation serta mempraktikkan macro dan script untuk tugas yang berulang.

 

D. Materi Pembelajaran

     - Standar Level :

        - Object linking and embeding   - Cross of Reference     - Track Changes

        - Table of Content                   - Mailmerge

     - Low Level :

        - Tipografi, indentasi , tabulasi , grafik, gambar, tabel, bullet and numbering, page numbering, page break,

           footnote, shapes, text box serta wordart.

        - Mail Merge dan Track Changes

        - Filter dan Data Validation,

      - High Level :

         - Macro dan Script

E. Alat, Media dan Sumber Belajar

    - Alat/Bahan :

  • Spidol, papan tulis
  • Laptop & LCD
  • Laboratorium komputer dan Koneksi Internet

    - Media :

 

Sebelum kita memulai materi Object linking and embeding, Table of Content, Table of Reference , Mailmerge dan Track Changes, sebagai bahan praktikum, buatlah tabel seperti berikut ini :

Isilah tebel di atas dengan lengkap sesuai dengan no urut siswa, satu tabel untuk satu kelas.

Link tabel dapat didownload pada link berikut : tabel_siswa

Jika sudah membuat tabel , rename nama tabelnya dengan nama kalian dan simpan dikelas nya masing-masing, di drive kelas X MIPA 1, X MIPA 2 , X MIPA 3 , X MIPA 4

 

Object Linking and Embeding (OLE)

Sebagaimana program aplikasi berbasis windows, maka word, excel juga dapat melakukan operasi Object Linking and Embeding, yaitu menggabungkan suatu object yang berasal dari aplikasi lain. Misalnya kedalam dokumen word di tempelkan (embeding) lembar kerja atau grafik yang berasal dari excel, demikian pula sebaliknya.

Object dari luar aplikasi bisa sekedar di tempelkan (embedding), bisa juga mempunyai hubungan (linking). Jika hanya ditempelkan perubahan pada object sumber tidak mempengaruhi lagi object yang sudah di tempelkan,  sedangkan jika mempunyai hubungan, maka perubahan pada object sumber akan mempengaruhi pada object yang sudah di tempelkan dan bisa juga perubahan yang dilakukan langsung pada object yang di tempelkan yang dapat mempengaruhi object sumber.

Simak video berikut untuk melihat langkah-langkah pembuatan Object Linking and Embeding pada MS WORD

 

 

Table of Content 

Table Of Contents adalah sebuah daftar ide pokok utama dalam sebuah artikel atau bacaan. Table Of Contents juga sering disebut dengan TOC.

Menurut Wikipedia Pliny the Elder mengkredit Quintus Valerius Soranus (nomor 82 SM) sebagai penulis pertama yang menyediakan daftar isi untuk membantu pembaca menavigasi sebuah karya panjang.

Jika orang luar sana mengenal Table, kita semua lebih mengenal TOC sebagai daftar isi dalam sebuah buku atau karya sastra lainnya. Pasti semua lebih suka membaca daftar isi sebelum mulai membaca sebuah buku kan ? Berkembangnya dunia digital juga membuat perkembangan teknik menulis dibawa ke ranah digital. Salah satunya adalah TOC. Seperti wikipedia digitalnya dari ensiklopedia juga selalu menerapkan Table Of Contents di setiap isi artikelnya. Biasanya diletakan setelah ide pokok utama atau setelah kata pengantar tulisan.

Table Of Contents juga sering ditemukan pada file pdf. Para pembuat e-book yang sudah berpengalaman selalu menyertakan Table Of Contents disetiap karyanya.

Bagaimana membuat Table Of Content, simak video berikut ini :

 

Cross of Reference

Fungsi cross reference pada microsoft word adalah untuk mempercepat penulisan dengan merujuk dari kata atau kalimat yang sudah di bookmark dalam sebuah artikel atau paragraf. Langkah ini juga bisa digunakan untuk membuat catatan untuk sebuah referensi dalam artikel pada tulisan kita.

Langkah-langkahnya :

  1. Buat Bookmark terlebih dahulu.
  2. Klik insert pada menubar kemudian pada group links pilih cross-reference.
  3. Setelah jendela cross reference terbuka, klik cross reference type dan pilih bookmark.
  4. Selanjutnya jika kita ingin membuat tulisan yang sama seperti kalimat yang anda bookmark tadi, kita tinggal mereferensikan dari tulisan yang sudah di bookmark.
  5. Kemudian tinggal anda klik bookmark anda kemudian klik insert, maka anda akan sudah membuat duplikat dari sebuah tulisan tanpa harus susah payah mengetik ulang.

 

Mail Merge

Mail Merge adalah alat yang berguna yang memungkinkan Anda untuk menghasilkan beberapa surat, label, amplop, tag nama, dan lainnya menggunakan informasi yang disimpan dalam daftar, database, atau spreadsheet. Ketika memanfaatkan Merge Mail, Anda memerlukan dokumen Word (Anda bisa mulai dengan yang sudah ada atau membuat yang baru) dan daftar penerima, yang biasanya sebuah workbook Excel.

simak video berikut ini :