Artikel

Verbeek’ Jadi Nama Kode BlankOn 12

    Dibaca 99 kali blankon

BlankOn XI Uluwatu menjadi versi terkini yang sukses meskipun waktu rilisnya lebih lambat dari yang telah dijadwalkan. Hingga detik ini, Uluwatu memperoleh rilis pemeliharaan pertama yang memperbaiki citra ISO yang tidak dapat ditulis ke media pemasangan dengan perkakas seperti dd, Syslinux, dan Rufus.

Pengembang mulai menginisiasi BlankOn 12. Beberapa waktu lalu, Herpiko Dwi Aguno mengajukan diri sebagai manajer rilis baru menggantikan Estu Fardani yang mengundurkan diri beberapa pekan setelah kehadiran XI Uluwatu.

Nama kode

Nama kode BlankOn 12 didiskusikan. Dimulai dengan abjad V, semua pengembang menyampaikan saran. Hampir mustahil mencari nama tempat di Indonesia yang diawali dengan V. Sampai-sampai beberapa pengembang mengusulkan melompat ke abjad W atau memilih untuk menggunakan nama tokoh wayang.

Nama kode akhirnya telah ditentukan. BlankOn 12 diberi nama kode Verbeek, nama pegunungan yang terletak di perbatasan Provinsi Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan.

Belum atau tidak ada pengumuman resmi mengenai penggunaan nama Verbeek. Namun, dilihat dari mailing list, tak sedikit pengembang BlankOn yang menyetujuinya, begitu juga penggunaan verbeek sebagai nama repositori, dapat dipastikan BlankOn resmi menggunakan nama Verbeek untuk calon rilis 12.